Label

Kamis, 17 Januari 2013

nice bird


Cara Membuat theme custom untuk powerpoint
Posted by setiawan on january 18, 2013

Seberapa sering anda menggunakan powerpoint? Mungkin kalau sudah cukup sering, apalagi kalau harus membuat dengan waktu yang sangat terbatas, pasti merasakan betapa banyak waktu yang kita butuhkan untuk mengoprek background atau tema yang sesuai dengan isi dari presentasi kita. Salah satu cara adalah memakai tema yang tersedia dan mengubah-ubah sedikit warna dari tiap elemen di tema itu.

Nanti ketika mengerjakan slide presentasi lain, yang ternyata tidak jauh beda dengan slide yang pernah anda buat, apa anda mengulang kembali langkah-langkah itu? pilih tema, ganti warna, mungkin juga ganti background, dst. yang ternyata tidak jauh berbeda. Bisa jadi komposisi tema yang anda buat itu sudah jadi tema yang cocok dengan pribadi anda.
Lalu caranya bagaimana agar tidak mengulang proses itu? Simpel saja ternyata. Saya menggunakan powerpoint 2007 untuk hal ini. Kata kuncinya adalah Slide Master dan Save Theme.

View > Slide Master
Mungkin anda sudah pernah coba untuk memakai Save Theme seperti saya, tapi rasanya kok terlalu global simpanan kita. Semua slide disamaratakan, padahal ada slide untuk topik besar yang hanya terdiri dari judul dan nama presenter, ada slide yang berisi subtopik dengan poin-poin yang ingin dipresentasikan.

Untuk mengatur Tema yang ingin anda simpan, membedakan antara slide judul dengan slide isi dan jenis slide lainnya, gunakan Slide Master. Slide Master di Powerpoint 2007 bisa diakses dengan memilih tab View kemudian pilih Slide Master. Jika sudah sesuai dengan tema yang anda inginkan, simpan kembali dengan Save

Tidak ada komentar:

Posting Komentar